Sabtu, 26 Juli 2008

JOHAN GUTENBERG




johan gutenberg adalah satu penemu yang mengubah wajah dunia. ia adalah penemu mesin cetak. dengan penemuannya iyu perkembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan bisa berlangsung cepat. gutenberg lahir di mainz, jerman barat pada sekitar tahun 1397. ia adalah anak seorang bangsawan yang berada. ia memulai berbagai eksperimen percetakan antara tahun 1430-1440. baru sekitar tahun 1450an Guttenberg berhasil menciptakan mesin cetak.
ALKITAB 24 BARIS
buku yang di hasilkan oleh mesin cetak Gutenberg untuk pertama kalinya adalah al-kitab. Al-kitab ini memiliki 1.282 halaman. uniknya setiap halaman terdiri dari 42 baris dengan 2 kolom. sebagian dari al-kitab tersebut masih disimpan di museum, salah satunya museum Gutenberg di Mainz.
KINI LEBIH CEPAT DAN AKURAT
Dewasa ini teknologi mesin cetak sudah jauh lebih hebat. dalam waktu beberapa jam misalnya , mesin cetak bisa menghasilkan surat kabar ribuan eksemplar. dengan bantuan komputer proses cetak menjadi lebih akurat. bukan hanya huruf, tetapi juga gambar pun bisa dicetak dengan lebih baik. SUMBER : ENSIKLOPEDIA FRISIAN FLAG

1 komentar:

Anonim mengatakan...

komentar