Senin, 21 Juli 2008

Semangka Berkhasiat Obat Perkasa


Para periset Fruit and Vegetable improvement Center A&M Texas menemukan, semangka mengandung ingredient yang disebut citrulline yang dapat memicu produksi senyawa yang membantu merilekskan pembuluh-pembuluh darah, serupa dengan yang terjadi ketika pria miunum sejenis obat kuat terkenal. Citrulline terdapat pada daging dan kulit buah semangka. bereaksi dengan enzim tubuh ketika dimakan dalam jumlah besar dan diubah menjadi arginine, sejenis asam amino yang berkhasiat untuk sistem peredaran darah dan jantung dan sistem imun.
Menurut para periset, arginine meningkatkan nitric oxide yang merilekskan pembuluh-pembuluh darah, efek dasar yang sama seperti sejenis obat kuat. khasiat semangka memang tidak berefek pada organ khusus, tapi dapat merilekskan pembuluh darah tanpa efek samping apapun.
Menurut studi yang didanai departemen pertanian amerika. USDA ini, nitric oxide juga dapat membantu angina, tekanan darah tinggi, dan masalah-masalah kardiovaskular lainnya.
Citrulline lebih banyak ditemukan pada kulit ( sekitar 60% ) dibanding pada daging buah. kemungkinan para ahli akan mencari cara lain untuk meningkatkan kandungan citrulline di dalam daging buah.
Citrulline ditemukan pada semua semangka semua warna, tapi paling tinggi pada semangka kuning. salah satu kelemahannya adalah, anda harus makan sekitar 6 cup semangka untuk mendapatkan kecukupan citrulinne untuk meningkatkan kadar agrinine tubuh. efek samping dari makan banyak semangka adalah, sering buang air kecil.
Semangka termasuk diuretik. dalam homeopathic, semangka digunakan untuk mengobati pasien ginjal sebelum harus cuci darah. masalah lainnya adalah gula yang dikeluarkan semangka ke dalam aliran darah jika dimakan dalam jumlah sebanyak itu. sehubungan dengan itu, para periset ingin meneliti lebih lanjut cara mengurangi kandungan gula di dalam semangka.
Hubungan antara citrulline dan arginine mungkin juga dapat membantu orang-orang yang obase atau menderita diabetes tipe 2. khasiatnya, antara lain merilekskan pembuluh darah, mulai terungkap dalam riset.
Citrulline juga terdapat dalam curcubit lain seperti mentimun dan cantaloupe dalam kadar sangat rendah dan di dalam protein susu casein. kadar tertinggi citrulline ditemukan dalam biji walnut. sayangnya, rasanya pahit dan kebanyakan orang tak ingin memakannya. Sumber : majalah AURA


Tidak ada komentar: