Kamis, 24 Juli 2008

MENGATASI THYROID LAMBAN


RISET amerika menunjukan, lebih dari 25% perempuan Amerika menderita thyroid yang agak lamban. tapi simptom seperti lelah, berat badan naik, sulit berpikir jernih ; kulit kering, dan rambut menipis sering tidak diobati. menurut Ann Louise Gittleman, PhD., dalam buku Why Am I Always So T
ired?, banyak dokter yang tidak mengenali kisaran tipis antara fungsi thyroid normal dan hypothyroidism klinik sehingga masalah garis batas tidak tertangani. berikut, strategi yang bisa membantu perempuan merasa lebih sehat.
MAKAN SAYURAN KUKUS
Thyroid tergantung pada iodine untuk membuat hormon yang mengatur energi dan metabolisme. tapi senyawa yang disebut goitrogens dalam sayuran cruciferous seperti brokoli, kol, kembang kol, dan kale dapat menghambat absorpsi iodine tubuh. solusi : makan sayuran ini dengan dikukus karena panas menonaktifkan goitrogens. untuk memberikan perlindungan lebih pada kadar iodine bumbui masakan dengan kelp bubuk. taburan asin ini memberikan 485 mg iodine organik yang bisa digunakan tubuh secara lebih baik di banding iodine garam meja.
SELENIUM
kekurangan selenium sedikit saja (dialami 1 diantara 5 perempuan) dapat menghambat fungsi thyroid. penyebabnya adalah, mineral ini membantu tubuh mengubah hormon thyroxin menjadi triiodothyronine bentuk aktif yang mengatur proses tbuh. padi padian dan biji bijian dulu dianggap sebagai sumber selenium yang baik. tapi pertanian modern menghilangkan mineral ini dari tanah dan selanjutnya mengurangi kadar dalam makanan sebagai solusi, seperti biasa, sebelum minum suplemen apa pun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.
TYROSINE
Diet rendah protein membuat banyak perempuan kekurangan cadangan tyrosine sejenis asam amino yang berperan sebagai bahan baar utama thyroid. untuk mencegah kekurangan tyrosine, Carolyne Dean, MD., ND, dalam buku The Complete Natural Medicine Guide to Women`s Healt menganjurkan konsumsi 1.500 mg tyrosine per hari. sumber makanan top antara lain ikan dan daging tak berlemak (500 sampai 1000mg per 3 ons ukuran saji), cottage chesse rendah lemak (827 mg per 1/2 cup) dan biji bunga matahari (189 mg per i ons).
CARA SEDERHANA MENGENALI THYROID LAMBAN
ukur temperatur ketiak sebelum turun dari ranjang. jika menggunakan termometer air raksa, diamkan selama 10 menit. untuk termometer digital, tahan 1 menit. jika temperatur lebih rendah dari 97,8 derajat fahrenheit atau 36,5 derajat celcius selama 3 pagi berturut-turut, periksakan ke dokter.SUMBER : MAJALAH AURA

Tidak ada komentar: