Senin, 28 Juli 2008

LOUIS PASTEUR







Pasteur lahir di Prancis pada 27 Desember 1822. Ayahnya adalah seorang veteran tentara Napoleon yang membuka usaha penyamakan kulit. Semasa kecilnya Pasteur meminati lukisan. Malah ia gemar melukis teman-temannya dengan pastel. Pada tahun 1843 Pasteur masuk Ecole Normale untuk belajar menjadi guru fisika. Pada usia 25 tahun, Pasteur berhasil meraih gelar Doktor. Pasteur wafat pada tanggal 28 September 1895 dalam usia 73 tahun. Meskipun telah tiada, tetapi penemuannya, Pasteurasi, sangat bermanfaat bagi kita hingga saat ini.



APAKAH PASTEURASI ITU?



Pasteurasi adalah proses mengawetkan makanan dan minuman dengan jalan memanaskannya hanya sampai 62,8 derajat celcius selama 30 menit. Dengan cara ini mikroba-mikroba yang merusak makanan akan mati.



MENEMUKAN VAKSIN ANTI RABIES



Pasteur juga menemukan anti rabies. Penemuan ini menyelamatkan seorang anak berumur 9 tahun bernama Joshep Meister. Pada saat itu Joshep digigit anjing gila di desanya. setelah disuntik dengan vaksin anti rabies, anak itu berangsur-angsur sembuh. SUMBER : ENSIKLOPEDIA FRISIAN FLAG

Tidak ada komentar: