Kamis, 24 Juli 2008

CARA MUDAH MENEKAN NAFSU MAKAN


Tips praktis untuk sehari hari ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan. terdiri dari:
DAPATKAN KECUKUPAN TIDUR
kurang tidur menyebabkan ketidakseimbangan hormon tertentu, termasuk ghrelin (yang meningkatkan nafsu makan ) dan leptin (yang menurunkan nafsu makan). ketika kurang tidur, kadar ghrelin meningkatkan (berat badan naik) dan kadar leptin menurun (kita merasa lebih lapar). para ahli menganjurkan orang dewasa tidur paling sedikit 7jam setiap malam.
MAKAN PROTEIN DAN SERAT
dibanding karbohidrat dan lemak, protein perlu waktu lebih lama untuk dicerna dan karena itu membuat kenyang lebih lama. serat membantu mengabsorpsi air, dan lalu mengembang di dalam perut, membuat kita merasa lebih kenyang dan kurang ruang.

KURANGI JENIS
kurangi jenis makanan snack di rumah dan jumlah snack yang dimakan berkurang. riset menunjukan, semakin banyak pilihan, semakin besar nafsu makan.
JANGAN DUDUK DI TEMPAT GELAP

Saat makan malam di luar. pilih area terang restoran. makan di tempat penerangan baik membuat kita berkemungkinan lebih besar mengkonsumsi lebih sedikit kalori. anda akan lebih sadar dan merasa orang lain melihat apa yang anda makan sehingga mengendalikan nafsu makan. di sudut gelap, anda akan makan lebih banyak.

KELABUI PIKIRAN

sajikan makanan pada piring kecil dan porsi makanan yang lebih kecil dan porsi makan yang lebih kecil akan tampak lebih banyak. di rumah atau kantor, jauhkan snack dari pandangan, seperti kata pepatah, jauh dimata dan jauh di hati. kenakan minyak wangi yang aromanya enak dan nyalakan lilin aromatik jika punya kesempatan. aroma yang menyenangkan sering dapat mengalihkan pikiran dari makanan.SUMBER : MAJALAH AURA