Kamis, 24 Juli 2008

VASCO DA GAMA



Vasco da Gama lahir di Sines, Portugal sekitar tahun 1460. ia adalah anak ke 3 dari pasangan Eztavao Gamma dan Izabel Sodre. Vasco dan orang tuanya tinggal dekat dengan lautan. dari para pelaut yang tinggal di dekatnya, ia banyak mendengar kisah mengenai negri jauh. inilah yang membuat vasco tertarik untuk berlayar. saat dewasa Vasco terkenal sebagai orang yang cerdas dan banyak mengetahui berbagai hal mengenai kelautan. itu sebabnya raja menugaskannya memimpin pelayaran ke berbagai penjuru dunia.
PERLAWANAN DAN KONFLIK
Vasco da Gama tiba pertama kali di India pada tahun 1498. di sana ia mencoba melakukan hubungan dagang. mulanya ia disambut dengan gembira. tetapi kemudian ia mendapat perlawanan dari orang-orang India sehingga ia dan kapal-kapalnya harus kembali ke portugis. pada tahun 1502 Vasco da Gamma kembali ke India. Vasco da Gamma wafat pada tanggal 24 Desember 1524 karena sakit.
DISERANG PENYAKIT
selama berlayar Vasco da Gamma dan krunya banyak mengalami rintangan. salah satunya dari pelaut-pelaut yang merampas kapal-kapal di bawah komandonya. selain itu berbagai penyakit sering juga menyerang awak kapal hingga meninggal. SUMBER : ENSIKLOPEDIA FRISIAN FLAG